Mengetahui Ide yang Kreatif dari Ide yang tidak Kreatif


Seperti yang sering kami ungkapkan pada artikel-artikel sebelumnya bahwa untuk lulus USM FSRD ITB (Ujian Masuk Fakultas Senirupa dan Desain Institut Teknologi Bandung) hal yang paling utama adalah ide dan kreativitas.

Banyak anggapan mereka yang mengatakan bahwa saya tidak kreatif dan mungkin tidak dapat dirubah. Sebenarnya untuk mendapatkan ide yang kreatif dapat dilatih secara terus menerus, semakin diasah maka akan semakin tajam.

Ingat, ada aksi pasti ada reaksi dan itu merupakan hukum alam yang pasti berlaku dibelahan bumi manapun anda berada. Jika anda tidak melakukan aksi sudah pasti tidak akan terjadi reaksi apapun dari sekeliling anda.

Hal sederhana kertas akan tetap bernilai sebagai kertas jika tidak diberi gambar, sebaliknya sebuah kertas dapat bernilai tinggi saat diberi suatu tulisan atau gambar dari di seniman atau desainer.

Baiklah, kami akan memberikan sedikit beberapa referensi yang semoga bermanfaat, kreativitas dan rasa berada di otak kanan anda dan otak kanan terhubung dengan anggota tubuh bagian kiri seperti tangan kiri, kaki kiri. Kemudian karena otak kananlah anda dapat merasakan keindahan dan hal-hal lainnya yang menyangkut perasaan. Berkat otak kanan anda juga dapat menikmati karya seni seperti seni lukis, seni patung, seni keramik, dsb. Untuk sebuah penilaian tidak ada yang mutlak benar atau tidaknya. Jadi untuk merasakan keindahan dan untuk dapat menghasilkan keindahan dan kreativitas anda harus banyak melatihnya.

Beberapa latihan rutin yang semoga membantu menyuburkan pertumbuhan kretaivitas dan sense otak kanan anda untuk mendapatkan ide yang kreatif diantaranya :


1. Membaca dan Menulis Puisi
Bacalah dengan penuh penghayatan terhadap sebuah karya seni bahasa yang indah dari bait-bait pusi. Kemudian milikilah buku kecil untuk catatan karya pusi anda. Atau anda juga dapat memanfaatkan handphone, netbook, notebook, laptop, untuk mejadi mesin pengingat karya puisi anda saat anda mendapatkan inspirasi dimanapun anda berada. Simpanlah karya tersebut kemudian lihatlah perkembangan karya anda seiring waktu. Saat anda mengolah, mencari, dan menyusun kata-kata imaji dari otak kanan anda tanpa disadari anda sudah melatih otak kanan anda untuk tetap hidup dan berkreasi.
2. Mendengarkan lagu atau musik
Tidak dapat dipungkiri lagi lagu dan musik menjadi bagian hidup kita. Bayangkan saja jika di dunia ini tidak ada musik atau lagu, tentu hidup ini akan terasa bosan bukan ? musik yang kita dengar enak atau tidaknya tergantung dari respon otak kanan anda. Dengarkanlah musik atau lagu secara rutin untuk melatih rasa anda. Mendengarkan musik juga melatih kesabaran dan penghayatan dan memaksa imajinasi anda bekerja dan ini baik untuk otak kanan anda. Ada baiknya juga anda dapat menciptakan sebuah lagu secara sederhana dari karya puisi anda walaupun lagu tersebut hanya anda saja yang tahu dan mungkin teman-teman terdekat. Siapa tahu dikemudian hari anda dapat menjadi musisi  ? ^_^ Ok ! … Mmmm….  Yummi…. !
3. Gerakan Anggota Tubuh Bagian Kiri
Banyak cara untuk melatih otak kanan kita yang terhubung dengan anggota tubuh bagian kiri seperti : bermain gitar, memasak, mengetik artikel blog, memukul nyamuk, nahan kaca jendela, main bola nendang dengan kaki kiri, berenang, menggerakan bidak catur pakai tangan kiri, manggil abang bakso dan hal lain yang anda sukai dan dapat dipastika anggota tubuh bagian kiri terlibat.
4. Berdoa
Ini juga modal utama yang sangat kuat demi ketenangan mental, rasa, jiwa, dan raga anda. Mintalah kepada tuhan apapun kebaikan dan cita-cita yang anda harapkan.
5. Menggambar tanpa aturan
Terkadang saat kita sudah tahu benar dan salah untuk menarik garis saja jadi takut dan ragu, selalu berkata dalam hati benar ga ya ? benar ga ya ? bagus ga ya ? Nah perlu saatnya kini anda menggambar dengan bebaaaaaaaaaaaas dan hilangkan dahulu aturan dan beban dan rasa takut dan ragu … ada saatnya anda perlu aku mau coret-coret saja semaunya… silahkan ! saya mau gambar mobil nyamuk… silahkan ! saya mau gambar superman pake kostum gatot kaca soalnya bajunya lagi dijemur… silahkan ! saya mau gambar pakai kapur… silahkan ! apapun itu perlu ada saatnya anda harus berani dan percaya diri tentang menelurkan ide atau gagasan apapun itu. Ingat kita tahu suatu barang jelek karena kita sudah tahu barang yang bagus. Begitupun diri kita jika sudah banyak berlatih tentu kita tahu ide yang bagus atau tidak dari ribuan pengalaman yang anda dapatkan selama ini.


Jadi, ide kreatif dapat dilatih dan dikembangkan dan semuanya dikembalikan kepada diri anda mau berlatih atau tidak ?

Cara memesan contoh soal dan gambar USM FSRD ITB klik link berikut ini ‘pesan paket’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB