Masa Depan Karir di Jurusan Seni Murni


Beberapa orang mempertanyakan prospek pekerjaan jika sudha lulus dari Seni Rupa ITB. Oleh karena itu kami akan memberikan sekilas prospek dan beberapa tips langkah anda untuk sukses di dunia Seni Rupa dan Desain ITB.

Bagi anda yang akan mengambil jurusan seni murni ITB maka anda akan seleksi kembali untuk jurusan seni lukis, seni grafis, seni patung, dan seni keramik. Namun, secara garis besar jika anda lulus dari seni murni anda perlu tahu bahwa anda bisa bekerja di semua bidang pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan seni murni yang kami sebutkan di atas.

Berikut adalah tips anda selama menjadi dan langkah apa yang harus anda lakukan :


Pertama apapun jurusan anda nanti di seni murni saya sarankan anda menekuni bidang anda serius dan penuh kerja keras. Anda bisa memulai dari himpunan di jurusan anda apakah seni lukis, seni patung, seni keramik, atau seni grafis.

Bagi anda yang berada di jurusan seni murni anda akan dipertanyakan apakah anda akan menjadi seniman yang senantiasa berkarya atau anda akan menjadi kurator, dosen, atau membuka usaha pendidikan dunia seni rupa bimbel misalnya, atau apapun yang anda sukai.

1. Pertama,Jika anda memang benar ingin menjaid pelukis sejati maka langkahnya adalah anda harus membentuk kelompok pelukis yang anda pahami sebagai penganut aliran abstrak ekspresionisme atau smei abstrak, atau minimalis, atau digital arts, atau kontemporer dengan basis seni modern ala barat. Kedua, setelah anda memiliki kelompok bersama teman-teman mahasiswa anda yang diberi nama 'Gerakan Januari Putih' misalnya anda bisa langsung mengadakan langkah awal berpameran di galeri-galeri seni di Bandung yang berada di Kampus ITB Galeri Soemardja, Galeri Padi 329 Dago, Galeri di Jl Riau, dan carilah informasi galeri di Bandung melalui Dosen, teman, internet, dan semacamnya, banyaklah bertanya bagaimana langkah-langkah untuk melakukan berpameran intinya anda mempunyai konsep yang dikemas dalam proposal untuk diajukan kepada galeri tersebut. Setelah disetujui dan pasti disetujui anda siapkan karya sesuai tema yang anda ajukan bersama rekan-rekan anda, setiap berpameran anda perlu kurator anda bisa menyewa kurator dari Dosen anda sendiri, atau senior anda yang cukup mempunyai nama, atau anda mencoba kurator seni ternama, No Problemo !

Lakukan secara rutin dan karya anda harus konsisten dan dinamis mengikuti perkembangan jiwa seni anda. Ketiga, buatlah website atau blog bersama rekan-rekan anda yang mempromosikan karya seni lukis anda, pengalaman berpameran anda, visi dan misi dan sejarah dan latar belakang kelompok anda.Buatlah dua website yang satu berbahasa indonesia dan yang satu lagiu berbahasa Inggris, ini penting jika sudah masuk internet maka para kurator para pecinta seni dari luar negeri suatu waktu mampir ke website atau blog anda, di dalam web atau blog selalu cantumkan alamat customer service (nomor telepon, alamat galeri anda, e-mail, contoh sebagian karya kelompok anda)untuk memudahkan orang luar yang tertarik dengan karya anda akan dengan mudah menghubungi anda atau mereka ingin mengadakan kerjasama.

Bersabarlah minimal waktu memperkenalkan kelompok anda biasanya satu tahun baik yang offline dan online. Artinya waktu satu tahun benar-benar diisi kegiatan yang senantias aktif tanpa jeda.


2. Jika Anda tertarik menjadi kurator anda bisa memulai mencari banyak mencari referensi bacaan anda dalam dunia seni rupa. Kedua, berhubunganlah selalu dengan dosen dan kurator yang terpercaya dan tawarkanlah anda menajdi asisten nya setiap berpameran. Lakukan itu secara sungguh-sungguh dan terus berkarya.Anda juga bisa menawarkan diri anda sebagai kurator melalui web atau blog dengan begitu semua orang akan melihat bagaimana anda mengkurasikan suatu karya seniman dari web atau blog anda. Berikanlah juga pengalaman anda menajdi kurator dan selalu cantumkan alamat atau telepon kontak anda yang selalu siap menerima.


3. Jika Anda tertarik menjadi Dosen Seni Rupa, banyak para dosen berperan multi job, mengajar juga, berpameran juga, bahkan menajdi kuraor juga. Penghasilan pun menjadi 3x lipat bukan ? Intinya semakin anda pintar bergaul dan memiliki banyak link perkenalan maka peluang sukses anda di dunia Seni Murni ITB akan semakin baik pula.


4. Ini adalah keberuntungan anda, mengapa kami mengatakan demikian ? karena anda ternyata memiliki cukup modal untuk mememulai usaha yang anda dapatkan pinjaman dari orang tua, saudara, atau teman. Lebih baik lagi jika ternnyata anda memiliki modal yang lumayan dari harta warisan misalnya.

Anda bisa memulai membuka galeri seni milik pribadi dengan galeri ini anda bisa menyewakan para seniman untuk berpameran, membuka kursus keramik, seni lukis, bimbel seni rupa, kursus desain, adobe, corel, PHP, pemograman desain 3D max, dsb.

Perkenalkanlah galeri anda dengan menepmlaknnya di mading kampus, iklan di internet, di web atau blog anda, iklan di koran terkenal seperti kompas, sindo, atau tabloid dan majalah khsusus seni rupa secara rutin atau berkala sesuai kesanggiupan dan kebutuhan anda.

Percayalah semua butuh proses dengan kemajuan seni akan mengikuti kemajuan zaman dimana anda berada meungkin di zaman anda prospek jauh lebih mudah dan baik.

Jika waktu kuliah lagi kosong anda bisa mampir di HotSpot Seni Rupa ITB dengan mengelola web atau blog anda bersama tim anda. Simpanlah selalu hal-hal penting di dalam notebook atau HP, atau web blog, karena suatu saat anda akan membutuhkan nomor telepon atau data seseorang anda akan mudah mengkontaknya.

Kurang lebih seperti itulah sekilas gambaran bagi anda yang ingin menekuni dunia seni murni untuk dunia desainer nantikan pada artikel berikutnya.


Bagi anda yang semakin mantap ingin lulus ujian snei rupa ITB kami telah menyediakan paket contoh soal ujian + gambar + penjelasannya yang and abisa pesan melalaui e-mail masterseni@gmail.com. (Hati-hati penipuan !, ingat pemesanan hanya melalui alamat e-mail masterseni@gmail.com)

Semoga kami bisa membantu semua yang dicita-citakan dan diharapkan anda dna orang tua anda yaitu Lulus Ujian Seni Rupa ITB (UMFSRD ITB) dan menjadi seniman seperti yang anda idam-idamkan.

Berikut ini kami berikan beberapa contoh Seniman dari ITB yang sukses :

1. Popo Iskandar, Pelukis kucing terknenal memilih menajdi seniman pelukis yang pindah jurusan dari Arsitek ITB.

2. Agus Wage, Jurusan DKV yang senantiasa menjadi seniman karena kecintaannya pada konsep lukisan.

3. Jeihan Soekmantoro, Pelukis wanita mata bolong yang selalu sadar semakin hari semakin kaya raya dan rendah hati.

4. Sam Bimbo, Penyanyi dari grup musik BIMBO bersaudara milih jadi penyanyi sebagai ekspresi seninya berasal dari jurusan seni lukis ITB.

5. A.D Pirous, Pelukis kaligrafi terkenal yang banyak memberikan inspirasi bagi generasi pelukis ITB.

Dan yang lainnya....



Salam Sukses dan Tetap Semangat !



Master Seni Tim 2009






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB