Cerita dari Dua Tipe Orang yang Belajar Masak


Sahabat, pada artikel kali ini master ingin memberikan salah satu cara belajar ampuh dari paket yang sudah sahabat miliki dari suatu cerita perumpamaan. Begini ceritanya...

Ada dua tipe orang yang mengikuti lomba masak di kota sebut saja kota itu 'citikul' mereka yang diterima menjadi juru masak di citikul adalah mereka yang terpilih secara kualitas ide dan kreativitasnya. Hingga akhirnya kedua orang ini mendapatkan sebuah paket panduan dari internet tentang tips belajar dan latihan di rumah agar diterima menjadi juru masak di kota citikul yang bergengsi.
Orang pertama, dia pandai meniru semua apa yang diberikan oleh paket panduan tersebut tapi dia hanya itu saja. Dia tidak memiliki inisiatif, dia juga pandai mencontoh saja dan sebenarnya tidak memahami betul intisari di dalam paket panduan tersebut akibatnya dia akan selalu kebingungan saat dihadapi atau ditantang untuk memasak dari menu-menu baru dan jawabnya sederhana karena tidak ada di dalam buku tuh ? Dia murni jago meniru apa yang ada tapi tidak mempunyai inisiatif untuk memahami intisari di dalam buku tersebut dan diapun hanya berlatih sekedarnya monoton tidak berani mengeksplorasi menu-menu lain di dalam buku tersebut dia hanya meniru to.

Nah sahabat, jadilah orang tipe kedua, dia memahami betul intisari dari buku yang dia beli kemudian dia pahami tiap contoh menu dan resep yang diberikan, dia pun memiliki inisiatif yang tinggi dengan berani mengembangkan kemampuan dirinya dengan mengembangkan lebih tinggi kreativitas memasaknya dan menjadikan buku tersebut merupakan jalan atau akses pembuka atau pendobrak dan petunjuk terbaik sebagai inspirasi untuk menjadi juru masak yang terbaik di kota citikul. 

Cara berlatih orang keduapun berbeda jauh dengan orang pertama dari disiplin waktu, rajin berlatih, aktif bertanya, tidak mudah menyerah, selalu mengiringi dengan doa, mempunyai inisiatif yang tinggi, memiliki motivasi yang membara, memiliki keyakinan, ketenangan, sehingga ide dan kreativitasnya dalam memasak semakin tajam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB