Bahasa Inggris : Auxiliaries (Kata Kerja Bantu)


Para pembaca setia www.master-seni.com pada artikel ini kami akan memberikan latihan soal dan pembahasan Bahasa Inggris dengan materi Auxiliaries atau Kata kerja Bantu. Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas sedikit latihan soal Tenses yang akan dilanjutkan pada artikel berikutnya. Semoga materi soal-soal Bahasa Inggris di website atau blog ini dapat membantu anda lulus PMBP ITB Daerah atau Terpusat 2010 mendatang. Jadikan materi ini sebagai penambah referensi dan wawasan belajar selain dari bonus soal+kunci yang kami berikan di dalam paket anda.

Auxiliary Verb adalah kata kerja Bantu yang dapat digunakan dengan kata kerja utama seperti buy, run, read dalam membentuk tenses, mood, dan voices yang berbeda. Dapat juga dapat digunakan untuk menimbulkan kesan agar lebih sopan seperti pemakaian would, might, could yang akan dibahas nanti.

Auxiliary dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu primary auxiliary atau dapat diartikan sebagai kata kerja Bantu primer/utama. Dan modal auxiliary kata kerja Bantu modus. Berikut ini adlaah kata-kata yang termasuk ke dalam Primary Auxiliary : Be (am, is, are, was, were, isn’t, being, been, dsb), Have (have, had, has, haven’t, dsb.), Do (do, does, didn’t, dan lain-lain). Berikut ini yang termasuk ke dalam Modal Auxiliary adalah can, may, shall, will, could, might, should, would, must, used to, dare, ought, dan need.


Setelah membaca beberapa untaian pembuka materi sekarang kita langsung menuju contoh soal :



1.      I wonder where my reading glasses are. Have you seen them ?
No, I haven’t. You … left them in the office.
a.       Should have
b.      Should be having
c.       Must be having
d.      Could have
e.       Ought to have

Next, coba anda jawab dahulu ? yap, anda betul !
Perlu anda ketahui pemakaian could+have+V3 dapat digunakan untuk memberikan pernyataan pada suatu kemungkinan pada waktu lampau atau past possibility. So, the answers is d.

2.      What should the country go to maintain self-sufficiency in rice ?
It … double its rice production.
a.       Could                                       c. had to                       e. will
b.      Must                                        d. would

Ternyata anda sudah menjawab dengan baik. Lihatlah kembali kalimat jawaban merupakan kalimat pernyataan dan memiliki bentuk waktu yang tepat present tense. Jawaban yang paling tepat adalah must. So the answer is b.

3.      Does Anto Know that Myrna had an accident yesterday ?
I don’t think so. We … as soon as we were informed.
a.       May have told him
b.      Should have told him
c.       Had better tell him
d.      Had to tell him
e.       Must have told him

Mmmm… apa jawabannya ya ?... Ok, anda betul lagi !
Sesuatu yang seharusnya dilakukan di waktu lalu (past) tapi tidak dilakukan. Maka pola should+perfect infinitive (should+have) + V3. The answer is b.


4.      I can’t find the fountain pen I bught yesterday.
You … it somewhere.
a.       Might have dropped
b.      Can drop
c.       Ought to have dropped
d.      May drop
e.       Should have dropped

Ups… anda salah kali ini… but its okay …
First, melihat situasi di atas adalah tentang suatu kemungkinan yang terjadi di waktu lampau (past) dan belum adanya kepastian jika melihat artinya bukan ? Pola modal perfect yang digunakan adalah might+have+V3 yang artinya mungkin telah bla bla bla…. So… the answer is a.

5.      The children … to be careful to cross the river.
a.       Ought
b.      Might
c.       Should
d.      Would
e.       Could

Yap, anda betul ! Excelent !
Suatu permintaan keharusan agar lebih sopan digunakan ought yang berpasangan dengan to pada kata berikutnya. So… the answer is a.






6.      Imene : … come in ?
Deep   : Yes, please do.
a.       Will I
b.      Shall I
c.       Must I
d.      May I
e.       Need I

Bolehkah saya … ? yang paling tepat adalah May I… jawabannya adalah d.

Nah ini nomor terakhir…

7.      When we went into the house, we … smell something burning.
a.       May
b.      Must
c.       Should
d.      Could
e.       Will

Well Done ! Anda benar !
Menyatakan suatu kesanggupan yang dilakukan dilakukan di waktu lampau saat mampu mencium bau sesuatu yang paling tepat adalah could, the answer is d.


Bagaimana ? semoga anda semua mudeng ya … didoakan lancar dan sukses menempuh PMBP ITB 2010. Anda juga harus menambahkan pendalaman materi dan latihan soal Bahasa Inggris lebih rajin lagi agar nilai Bahasa Inggris anda tinggi saat USM FSRD ITB 2010. Karena itu anda harus mulai membagi waktu belajar untuk Gambar suasana, gambar psikotes, TBS (Tes Bakat Skolastik), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dsb.
Sudah cukup malam dan hampir masuk waktu pagi saatnya memadamkan bara dan tidur… nantikan selalu artikel-artikel bermanfaat yang selalu menemani anda sampai waktunya USM FSRD ITB atau PMBP ITB 2010 di Daerah atau Terpusat Maret dan Mei mendatang.

O ya, bagi anda yang belum memiliki paket maish ada kesempatan untuk berjuang dan jadikan paket dari master seni sebagai panduan penuntun belajar di rumah secara efsien dan efektif.

Punya gagasan atau saran silahkan email via masterseni@gmail.com, master_seni@yahoo.com, atau masterseni@hotmail.com.


Good Night reader !  zzz. zzz. zzz.. zzz…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB