Buat Daftar Kelemahan


Bagaimana kemajuan diri anda menjelang USM FSRD ITB Daerah yang kurang lebih 5 bulan lagi anda sudah bisa membeli formulir pendafatarannya ? Sudah sampai mana kemampuan ide anda, sudah sampai mana kreativitas anda, sudah sampai mana kondisi teknik anda menyikapi kekurangan menggambar anda. Sudah sampai sejauh mana persiapan menghadapi soal psikotes atau gambar 2 atau essay imajinasi ?
Sebaiknya anda sudah mempunyai sebuah buku yang dibagi menjadi dua kolom.... kolom sebelah kiri merupakan catatan kelemahan anda and the right coloumn isi dengan materi yang sudah anda kuasai. Ingat selama proses pembelajaran dan latihan anda jangan terlalu lama tidak menggunakan pensil atau malas menggambar atau malas menulis. Remember, menulis membuat kita berpikir dan mau ga mau akan merangsang berpikir. Second, menggambar akan melatih kesabaran dan sense kita akan lebih terasah. Inspirasi akan datang saat anda mengayunkan pensil anda di atas kertas. Kumpulkanlah kertas-kertas latihan anda selama ini, dikumpulkan ke dalam suatu kardus. Setiap 1 minggu sekali coba anda lihat kembali gambar tersebut kemudian bandingkan dengan gambar-gambar anda saat ini atau minggu berikutnya dan begitu seterusnya. 
Catatan penting lainnya anda harus menghilangkan kebiasaan menggunakan ide yang sama dari contoh yang master berikan di dalam paket, anda harus mencari sendiri ide anda jangan terbayang terus contoh yang master berikan. Pelajari paket dari master jangan hanya showing picturenya coba read the article berulang-ulang, Ok !
Apabila you menemukan something itu berarti anda sudah berhasil. Temukan intinya dengan dibaca berulang dan pahami intinya. Jika sudah ketemu intinya langkah berikutnya akan easy going...
Baiklah master itu berarti saya ahrus cari masalah sendiri khan ? maksudnya misalnya mencari soal di newspaper yang lagi hot or berita yang menjadi headline misalnya begitu master terus I coba jawab dengan gambar suasana, begitu Master ?
Excelent !!! thats right Bro ! ciri dari orang kreatif cenderung pintar mencari sebab dan akibat yang baru. Karena cenderung berpikir kenapa begitu melulu coba kalau begini or begitu ?
Catatan yang ada di dalam buku itu sangat berperan penting bagi kemajuan diri anda
menjelang ujian. Anggap saja jika akan menulis sms atau surat buat kekasih saja kita tentu akan merenungkan setiap rangkaian katanya begitu penuh renungan dan pemikiran bukan ?
ketika anda mengatakan nah ini dia pasti rangkaian kata ini cocok buat si Dia ! 
Berarti anda sudah menemukan inti dari hasil perenungan dan pencarian selama ini. Begitu juga catatan harian kemajuan anda akan sangat membantu diri anda menjadi guru yang setia mengingatkan, menjadi teman yang setia, menjadi sahabat yang setia mengingatkan kekurangan dan kelebihan anda. Semakin mendekati ujian kelemahan anda harus bisa ditemukan solusinya seminimal mungkin.
Ayo temukan ganjalan di hati anda apa saja ... masalah ide, teknik, arsir, rana, komposisi, sudut pandang, garis, objek, kreatiitas, dsb. .... Semuanya sudah ada di dalam paket jika anda berhasil menemukan intinya itu intinya kemudian anda yang kembangkan sesuai selera dan minat anda. 
Jangan pernah bosan berlatih... jika anda masih ada yang mengganjal butuh bantuan jawaban anda bisa konsultasi gratis ke masterseni@gmail.com atau master_seni@yahoo.com atau masterseni@hotmail.com.

Sukses ya .... dan selamat berlatih dan belajar ! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB