Mood Saat Berkarya, Benarkah ada ?


Benarkah rasa mood itu ada ? benarkah sukses dan tidaknya suatu karya adalah saat kondisi hati atau mood sedang baik ? Jika begitu semua situasi dan kondisi harus terkendali dan sesuai keinginan sang seniman atau desainer.


Ada kalanya seorang seniman berkarya harus ditemani suara jangkrik, air, dsb. Ada juga para ilmuwan atau desainer dalam berkarya ditemani musik atau lagu kesayangan. Sebagian besar memang seperti itu. Setiap Seniman atau desainer memiliki pemancing sense yang unik dan berbeda-beda.

Bagi anda para calon peserta USM FSRD ITB 2010, rasa mood ini kadang menjadi pengaruh yang besar jika tidak bisa menyikapinya. Kebiasaan anda saat menggambar, melukis, atau membuat ide cerita pada sebuah kertas gambar, harus sesuai kondisi yang anda inginkan. Misalnya, ruangan dingin, ada musik, malam hari, dsb.

Rasa kertidakberdayaan ini harus dihilangkan dan dapat dirubah secara perlahan dengan sabar dan tekun. Karena saat ujian nanti tentunya tidak semua seusuai keinginan mood anda bukan ?

Pada umumnya ujian diadakan dari pagi hari hingga siang hari. Bagi anda yang terbiasa dan dibiasakan bekerja pada malam hari tentunya akan sedikit menganggu dan mengahambat ide bukan ? jika tidak berarti anda termasuk orang yang memiliki mental yang siap apapun keadannya dan anda sudah dapat dipastikan mampu menyelesaikan soal-soal ujian.

Mungkin saja, keadaan saat ujian tidak sesuai mood anda. Jadi, latihlah diri anda sejak dini. Mencobalah berlatih menggambar, belajar dengan membuat jadwal rotasi waktu. Jika biasanya di malam hari anda belajar dan berlatih menggambar. Cobalah di waktu sore hari. Dan buatlah dinamis jadwal tersebut dan terus berputar. Cobalah di waktu pagi, siang, subuh, dsb. Semakin banyak anda berupaya berlatih dalam situasi dan waktu yang berbeda akan semakin siap diri anda mengahadapi ujian. Begitupun bentuk soal-soal andapun harus kreatif membuat suatu prediksi.

Semua harus dibiasakan, diperjuangkan, dan anda harus menghadapi segalanya dalam situasi, kondisi, waktu yang beragam.

Selamat mencoba dan Tetap Semangat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB