Seberapa Cepat dan Kuatkah Anda ?


Apa maksud judul di atas ? tentu itu pertanyaan yang ada di dalam hati anda semua. 2 hari lagi USM FSRD ITB 2009 Terpusat. Sebelumnya Master akan mengucapkan selamat menempuh ujian bagi siswa/i online master di bawah ini :


1. Bela Matahari
2. Abhitama
3. Dian Agusta
4. Faza Soniartin
5. Siti Rachma
6. Rienzy Aisyahtri
7. Alvernia Andhina
8. Risci Okta Dwi P
9. Nurryna Nisa Irtidyanti
10. Siti Fatimah
11. Wienda
12. Shabrina Sylar
13. Annisa Aulia Mahari
14. Epifania Mediyana H.
15. Riza Pri Astuty
16. Muhammad Yunus Alkahfi
17. Nabila Riandini
18. Irfan Firdaus
19. Mia Damayanti
20. Aditya Firmansyah
21. Syaiful Chorudin
22. Edward Tanriady
23. Bentara Alam Gumilang
24. Arfianto R. Hutama
25. Addina Aprilliani Wahidah
26. Muhammad Hafizh Zulfikar
27. Reni Armanita S
28. Martinez
29. Aulia Pramudyananda Hadiyat Putra
30. M. Tanaya S.
31. Martinus Mario
32. Sugih Sutrisno P.

semoga anda semua diberikan kemudahan, kelancaran, kekuatan, keyakinan, saat menghadapi USM FSRD ITB 2009 Terpusat dan tentunya mendapat hadiah hasil kerja keras anda yaitu kelulusan. Amin.

Pada saat ujian mereka yang lebih cepat dan kuat mereka yang akan tetap bertahan. Tentunya modal awal yaitu keyakinan dan fokus pada untuk ujian. Ketika lembar soal dibagikan kemudian anda semua membaca soal yang diberikan, mereka yang akan menang tetap tenang dan mendapatkan ide kreatif pada 5 menit pertama setelah menyeleksi ide-idenya sendiri yang dianggap biasa.

Lihat ide umum : orang tertawa

Lihat ide kreatif : orang tertawa di dalam air

jelas bedanya khan ?

jadikan semuanya tetap seimbang

seperti Yin Yang, basis emosi anda harus terkontrol jelas dari arah gerakan nafas. Begini maksudnya ?


Tahukah anda ilmu para sniper agar tepat dan jitu saat dia menembak sebuah sasaran. Memegang senapan secara tepat, membidik secara tepat, dan menembak saat nafas berhenti.

Begitu juga anda, tariklah garis selalu saat anda sudah menarik nafas dan tahan nafas sesaat. Jangan memulai menarik garis saat nafas anda tidak teratur itu yang mebuat irama menjadi kacau secara tidak sadar. Tidak percaya ? coba saja, sekarang anda tarik garis dalam kondisi menghembuskan nafas dan bedakan tarikannya pada saat anda menahan nafas. Mana yang lebih mantap ?


Ilmu ini jarang diberikan oleh siapapun, intinya konsep kreatif adalah anda berhasil menggabungkan ide ini dan itu menajdi sesuatu yang baru dan menarik dan bermanfaat.



Lihat ide umum : ada orang duduk-duduk di kursi


Lihat ide kreatif : ada orang duduk-duduk di punggung gajah


SEBERAPA CEPAT OTAK ANDA MAMPU MENJELAJAH KE LUAR KOTAK PEMIKIRAN UMUM ???

Coba lagi :

pintu ayo apa yang anda pikirkan ?




Lihat ide umum : pintu rumah


Lihat ide kreatif : mulut gua, lubang tikus, mulut manusia.



Jangkauan pemikiran seperti ini yang harus anda capai dalam 5 menit pertama, buat agar ide anda menarik.


Tapi master ada gambar kecil acak-acakkan dibuat apa ?


Khan master sudah beri petunjuk untuk gambar 2, intinya sama. Buat ide-ide yang menarik. Semuanya khan ada contohnya dan penjelasan di paket. Klo tidak dicoba dan dilatih mungkin susah mudengnya. Seni Rupa mau gak mau harus langsung praktek.


Tapi klo nanti berbeda gimana, ya memang seperti itulah yang menajdi sisi menarik USM FSRD ITB. Soal-soalnya senantiasa berubah-ubah dan banyak kejutan, tapi bawa enjoy saja dan intinya tetap kreatoif dan berimajinasi dan terapkan apa yang sudah master berikan.


Seandainya anda semua membaca artikel di blog ini www.master-seni.com tentang USM FSRD ITB dan kemudian memadukan dengan latihan dan paket dari master. Maka, anda akan keluar dan berubah menjadi cupu-cupu. Ya, anda akan bermetamorfosis dan sudut pandang anda lambat laun akan berubah. OOooooh gini toh Oooooh gitu toh .... yes ! yes ! yes !


Anda harus bisa mengatakan apa yang saya takutkan belum tentu terjadi. Pernahkah anda berimajinasi tentang monster pemakan manusia akan menarik anda dari bawah kasur anda dan sampai saat ini itu tidak terjadi dna mungkin tidak pernah terjadi. Mmm, yap syndrom ujian para calon peserta paling senang mendramatisir keadaan.


Tapi ada sisi baiknya anda membuat kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, jadi hitung-hitung latihan mental dan melatih empati. Yang sering membuat para peserta shock berat yaitu ketika PMBP Terpusat ternyata sangat berbeda bentuk soalnya dari PMBP Terpusat nanti.


Jika anda menganggap itu suatu permainan tentu tidak akan shock. Sekali saja anda shock sampai gemetaran dan keluar keringat dingin, ingat itu pertanda bahaya. Pertama, otot anda akan lemas terutama bagian kaki, jantung berdetak lebih cepat, air di mulut terasa kering, penglihatan menjadi blank, otak terasa kaku sulit berpikir, leher seperti ada rantai besi melilit, jari-jari, kaku dan keras. Rasanya ingin menjerit sekuatnya. HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH ! ini sungguh berbahaya, ide anda akan mati total jika anda seperti itu. Apakah nasihat ini ada dalam pelajaran tertentu ? nasihat ini didapat dari pengalaman, ya pengalaman adalah guru yang terbaik. Dan guru-guru anda adalah orang yang sudah berpengalaman, dan begitu juga master seni hanya karena harus hidup lebih dahulu dari anda. Berbagi ilmu yang bermanfaat dan melalui jalan profesionalisme.


Tapi master bagaimana dengan teori ide kreatif justru akan lahir dalam suatu tekanan atau pressure ?


Mmm, benar juga ada sebagian orang yang bisa mengendalikan ekspresinya seperti yang master ingatkan awal artikel ini yaitu basis emosi anda biar wajah anda tampak adem anyem tapi pikiran anda menjelajah luar binasa !!!

Saya tidak gentar apapun itu soalnya nanti, saya akan selalu siap !


Biasanya ide pertama akan sama dengan yang lain coba ide kedua dan ketiga dari pemikiran anda.


Motivasilah diri anda sebaik mungkin jika ada 100 orang yang lulus nanti, maka aku salah satunya, jika ada 50 orang yang lulus nanti aku salah satunya, jika ada 10 orang yang lulus nanti aku salah satunya, dan jika hanya 1 orang yang lulus nanti maka itulah aku.


2 hari menjelang ujian jangan mamasukkan kata-kata negatif ke dalam hati dan pemikiran anda. Hati-hati bisikan dia


Lawan semua keraguan, kebimbangan, putus asa, dan merasa rendah diri. Jangan berlebihan dan menilai diri anda seperti itu. Pemikiran anda akan menggerakkan semuanya nanti.


Ingat perang ide, ya perang ide, perang ide. Just for Ideas !!!


Baca ulang-ulang dan pahami apa-apa yang sudah master berikan atau guru bimbel lain berikan. Rangkum semua ilmu tersebut. Pastikan sebelum ujian semua unek-unek anda sudah terjawab semua. Setidaknya 95% semua sudah terjawab ! dari cara arsir, objek manusia, sudut pandang, ide, kreativitas, keragamanm anatomi, movement body, motif, dsb.

Banyak juga yang mempertanyakan tentang bidang gambar A2 atau A3 nanti untuk gambar 1 ?

Kalau begitu anda sama seperti bertanya mau makan nanti pakai piring besar atau yang sedang ?

Lho, intinya sama bidang kertas yang kecil bisa menjadi masalah besar jika anda belum mengerti apa=apa dan tidak ada gambaran sedikitpun. Bidang gambar yang besar akan menajdi kecil jika anda sudah tahu seluk beluk dan semua intinya. jadi, kesimpulannya itu masalah teknis, jangan memikirkan itu yang terpenting ide sekali lagi ide.



Besok adalah satu hari lagi menjelang ujian tenangkan kondisi hati, pikiran, rilekskan diri anda, minta dukungan moril dan doa kepada siapapun, terutama kedua orang tua. Bagi anda yang akan berangkat ujian masih bisa bertemu ortu lebih baik cipika dan cipiki sebelum berangkat itu akan lebih membakar semangat anda.


Ada kisah menarik sebut saja siswa kami Yoyo, Dia sebenarnya waktu itu sudah lulus USM FSRD ITB tapi dia mau bikin kejutan buat ortunya dia datang ke rumah dengan muka sendu seolah tidak lulus. Mah, Pah, maaf Yo belum berhasil tahun ini.... Ibunya langsung memeluk dan Bapaknya juga kemudian menyusul. Sudahlah nak, tidak apa-apa mungkin jodoh kamu di tempat lain, atau kamu khan masih bisa coba tahun depan ? ya sayang.... Mah, Pah ..... ? Ya, Yo ? Sebenarnya Aku lulus nih lihat di koran ! terimakasih ya Mah , Pah ! Semuanya serentak terharu menangis gembira syukurlah nak, Mamah kira kamu bener ga lulus, aduh kamu memang anak mamah papah yang pintar..... akhirnya semua langsung keluar adik-adiknya selamat ya Kak, traktir dunk kak, baso terus ke pizza hut !

Ha ha iya tenang semua Mas Yo traktir !


Asyiiik !



Semoga artikel ini bermanfaat dan lebih memotivasi dan menjadi inspirasi positif khususnya bagi siswa online kami yang akan bertempur di medan pertempuran USM FSRD ITB 2009 Terpusat.


besok, menjadi 1 hari lagi menjelang ujian bagi anda yang ingin bertanya ringan silahkan di comment box, email, sms. Semoga besok bisa menjadi inspirasi master-master menulis artikel.


Salam Perjuangan !


Master Seni Tim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB