Ide lagi mentok kenapa ya ?


Kenapa hari ini ide saya mentok ? pertanyaan dalam diri yang kadang terjadi, apakah ini berbahaya jika terjadi saat ujian nanti ? jawabannya ada pada diri anda sendiri. Anda harus menghilangkan ketidakberdayaan ... maksudnya Master ? Begini ceritanya .... :)

Apa saja hal yang membuat diri kita terkadang sulit mendapatkan ide kreatif ? coba kita simak baik-baik ilustrasi tanya jawab berikut antara Guru Kunfu dan Muridnya :

catatan : Cerita ini hanyalah fiktif belaka jika ada kesamaan cerita dan kesamaan tokoh berarti aneh juga ... :) ambil hikmahnya untuk USM FSRD ITB Ok ! :)


Murid : "Master, ide saya kok mentok dan saya sering tidak percaya diri, solusinya gimana Master ?... sedangkan Ujian Kungfu nanti disuruh membuat jurus baru dan itu membutuhkan ide yang kreatif Master... saingan saya juga banyak Master sekitar 2000 sampai 5000 murid lainnya jurus baru apa yang mesti saya ciptakan, klo jurus angsa bertelur sudah pernah dibuat si pei pei, klo jurus kodok jongkok sudah dibuat si Mei mei, gimana nih Master, ujian sebentar lagi... hiks hiks... ?"

Master :"Kamu sudah pernah ikut try out untuk Ujian Saringan Masuk universitas Siomay belum yang diadakan bimbel master Wong bulan kemarin ?"


Murid :"Sudah Master, dan itu yang membuat saya masih tidak PD ranking di try out masih jeblok tapi sebenarnya akan ada try out lagi minggu depan seeeh.... "

Master :"kok ngomongnya gitu seeeh.... "

Murid :"Maaf Master ga sengaja kebiasaan sama temen-temen ..."

Master : "Oh ga pa pa ..."

Murid :"Master, jadi gimana cara memancing ide saat ujian nanti sehingga saya bisa menciptakan ide untuk jurus baru yang berkualitas saat ujian nanti khan seperti yang Master pernah beritahukan tapi saya masih bingung neeeh master ? Pleazzze ?"


Master :"Baiklah, begini jika kamu masih berpikir mencari jurus dari apa yang sudah ada atau pernah dibuat, itu yang membuat mentok ide kamu..."

Murid :"Maksud loh ? eh, maaf Master maksud nya saya masih bingung neeeh ...?

Master: "Ah, kamu yang serius dunk.... wkwkwkwk jadi pengen jitak kamu nih Master .... gemezzzz ! hih !"

Murid : :Oke Master, coba contohnya gimana maksudnya gambarannya biar lebih jelas gitchu !"

Master :"Kamu tahu kenapa Master Wong bisa berhasil dengan jurus tendangan tanpa bayangannnya dan dia lulus karena idenya itu ? atau Lucky Luck mempunyai jurus rolling pistolnya lebih cepat dari bayangannya ? itu karena dia berani berpikir di luar kebiasaan umum dan dia menghindari kemungkinan kesamaan pemikiran.

Kamu tahu khan mereka yang tidak diterima Universitas Siomay karena membuat ide jurus yang tidak menarik dan sangat umum banyak dipikirkan orang padahal soalnya waktu itu hanya 'KAKI'.


Coba kamu ingat mereka yang gagal dalam membuat jurus-jurus yang biasa dan tidak menarik :

Jurus kaki gajah
Jurus kaki kesemutan
Jurus kaki besi
Jurus kaki meja
Jurus kaki tangan
Jurus Kaki kodok

tahukah kamu Master Wong lebih berpikir kepada fungsi kaki yaitu untuk menendang maka dia ciptakan jurus "Tendangan tanpa bayangan' dan tendangan tentunya dilakukan kaki iya khan ? selain menjawab soal tentunya ide jurusnya ide lebih unik dari penyajiannya, judulnya saja tidak menggunakan kata kaki lagi iya khan ?

Ide master Wong sangat berkualitas dan sangat menarik, Seperti yang kita tahu Master Wong lebih banyak berlatih dan aktif bertanya dan berguru kepada para Master lainnya sehingga selain wawasan diapun mendapat persiapan mental dan teknis yang baik untuk mewujudkan ide-idenya yang dahsyat.

Murid :"Terimakasih Master, klo begitu saya akan coba banyak latihan menjelang ujian dan akan aktif bertanya"

Master "Ok, sukses buat kamu ya..."


Nah, melihat ilustrasi di atas tentunya ada sebagian yang mengerti dan ada sebagian yang masih kurang mengerti apa maksud dari cara mendapatkan ide yang unik dan berkualitas saat ujian USM FSRD ITB nanti. Coba anda banyak bertanya, berlatih semakin terjawab semua pertanyaan dalam diri anda tentang USM FSRD ITB akan semakin baik bagi anda ....


Di dalam paket kami bisa menjadi inspirasi bagi anda dan petunjuk yang semoga bermanfaat untuk USM FSRD ITB 2009 terpusat nanti.


Catatan:

Hilangkan ketidakberdayaan diri anda misalnya ide anda akan berhasil jika anda berada dalam situasi sambil mendengarkan musik, duduk di sofa, di malam hari, keheningan, dsb. Semakin anda bisa melawan ketidakberdayaan anda maka akan semakin kuat anda saat ujian, karena situasi apapun anda akan sudah siap 100%. Jadi kuatkanlah diri anda secara mental. Ingat jaga ketenangan saat ujian.



Sukses Untuk Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB