Hindari Diam dan Terus Bergerak



Hindari dan hindari sikap pasif dan diam saat soal dan kertas ujian sudah ada di depan anda. Jika anda mengalami kebingungan dalam situasi terjepit apa yang ahrus dilakukan. Milikilah mental seorang ksatria dan milikilah mental seorang juara atau pemenang. Berikut beberapa tips saat anda sudah duduk di rung ujian, semoga bermanfaat.



Ingat ide kreatif anda ditentukan dalam 5 menit awal dan akan menentukan untuk 95 menit berikutnya. Jika anda mengelola atau meneruskan dari ide yang tidak kreatif dan tidak menjawab soal berarti anda sudah mengalami kesia-siaan. Pertama saring ide anda , ide pertama biasanya adalah ide umum dan hampir sama. Oleh karena itu, telusuri lagi ide anda yang kedua dan ketiga cepat waktu anda hanya 4 menit lagi.


Master saya sering bimbang dan tiba-tiba mandeg walaupun sudah pakai rumus g9iman ya kalau dan kenapa harus itu ?

baiklah, ini adalah cara lain anda untuk memancing ide dan inspirasi selain mengatakan kenaoa harus itu, gimana ya kalau, pensil anda terus digerak-gerakkan di atas kertas sketsa.

Konon, inspirasi akan muncul setelah ujung pensil digerak-gerakkan di atas kertas. Tidak percaya coba saja !


Ini contoh soalnya


Bandara

Coba anda renungkan ide apa yang panats dan kreatif terjadi di bandara ?

masih mentok ??

coba sekarang anda ambil pensil dan kertas sambil anda berfikir coba anda gerak-gerakkan sketsa tipis. Bagaimana ? mebgalir bukan dan mulai ada gambaran ?


Ya, menulis atau mencoret membuat otak kita berfikir lebih tajam. Ini didapat dari pengalaman. Janan diam, jangan bengong sambil berkata apa ya ? ide apa ya ? sambil gigit jari atau gigit pensil ... hindari tindakan ini !


Sejak bel tanda pertempuran ujian dibunyikan pensil jangan pernah berhenti dari tangan anda yang terus menerus digerakkan dan jangan sampai berhenti. Adapun jeda yaitu untuk bolak balik pensil atau ganti pensil saja.


Cerewetlah dalam hati, jangan itu gimana kalau ini mmm tapi gimana kalau itu... sambil terus gerakkan pensil.


Ingat sketsa hanya 1 menit saja, paling lama 2 menit atau 3 menit.


Selesai dari kertas sketsa langsung terjun ke bidang gambar sesunggguhnya, jangan berlama-lama dengan berkata mulai darimana... aduh takut jelek aduh takut salah... Ahhhh ! lawan tempelkan saja pensil anda percayalah, terus gerakkan dan amsukkan kata-kata positif, Okaym saya akan mulai dari SINI ! tegas, mantap, semangat, yakin !!!


Apapun bentuk soalnya seperti yang master sudah berikan di dalam paket ataupun email, cbox, sms, intinya selesaikan. tahan nafas gerakkan pensil, tahan nafas gerakkan pensil. Pacu adrenalin anda, keluarkan ide kreatif anda semaksimal mungkin, efektiflah, gunakan tenga di tangan anda secara maksimal.


istirahat 3 hari adalah untuk situasi seperti ini. Otak anda akan maksimal percayalah dan fisik juga akan mendukung. Anda benar-benar dalam kondisi FIT !


Sukses untuk anda semua !


Trims,



Master Seni Tim


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB