Artikel Untuk Irty dan Yunus

May 19, 2009 master seni 0 Comments

11 hari lagi and akan menhadapi USM FSRD ITB 2009 Terpusat. Prepare yourself as best possible. Jika anda bermalas-malasan maka akan langsung terlindas dan tertinggal oleh yang lain. Anyway, cukup kalimat pembukanya kita langsung masuk ke pokok permasalahan pada artikel ini yaitu Artikel untuk Irty dan Yunus. Simple bukan ?


Tanya Jawab ini disajikan sedemikian rupa agar lebih menarik dan mudah dipahami tapi tidak terklepas dari yang sebenarnya.

Yunus bertanya :

Master Kapan harus memulai dan kapan harus berhenti ? Saya terkadang bingung harus darimana untuk memulai menggambar dan gambar apalagi adakah sitematika urutan secara umum ?

Master Menjawab :

Sebenarnya cara menggambar setiap orang berbeda-beda tapi satu jua, mmm mirip semboyan negara kita :-) .... maksudnya begini kadang beberapa orang memulai menggambar dari kepala baru keseluruhan, ada orang yang menggambar dari jempol baru keseluruhan, ada orang yang memulai menggambar dari tangan kemudian keseluruhan, ada ornag yang menggambar dari jidat akhirnya bingung. Ada juga orang atau peserta ujian yang senang memulai dari setting ruang dahulu.... no problemo yang terpenting ide anda kreatif, menarik, aktif, dan menggigit.

Namun, karena Yunus ingin tahu standarisai urutan untuk gambar suasana baiklah master berikan secara umum just 4 U :

1. Tokoh Utama
2. peran Pembantu
3. Peran Pendukung
4. Background atau setting.
5. finishing.


Sudah selesai :-)


Berikutnya dari Irty yang emnanyakan cara menggambar dari mata kodok alais frog eyes dan mata burung atau bird eye. Sebenarnya ini masuk ke dalam kategori How to Draw yaitu memberi kesan seolah anda menjadi kodok tentunya anda berada dibawah. Jika disederhanakan anda hanya merubah letak sudut pandang jadi ke bawah itu saja. Begitupun mata burung hanya memindahkan kamera ke atas.

Disisi lain, pemakaian sudut pandang bisanya bisa juga digunakan untuk mendukung ide yang anda gambarkan. Contoh : jika suasana terjadinya tawuran tentu akan lebih mencekam jika digambarkan dari sudut pandang mata kodok atau mata burung khan ?


Tapi Master bagaimana jika kodoknya ada di atas gedung misalnya ? membedakan dengan mata burung bagaimana ?

Waduh, mata kodok dan mata burung khan hanya untuk memberikan perwakilan sudut pandang suatu pengambilan gambar suasana dan untuk menampilkan dukungan ide gambar. Tapi secara keseluruhan itu hanya masalah teknis, anda harus lebih cerdik dalam menyelesaikan soal bukan menghadapi soal.

Suasana tawuran, demo akan lebih menarik jika ditampilkan dari sudut pandang mata burung. Tapi intinya jangan terlalu memaksakan diri saat ujian nanti jika ada pilihan lain yang lebih baik atau yang lebih anda kuasai misalnya sudut pandang mata manusia ya.. gunakan saja itu karena yeng terpenting bagaimana hasilnya nanti yaitu ide anda digamabrkan semenarik mungkin. Jika anda memakasakan menggunakan sudut pandang mata burung tapi ahsil tidak maksimal dan ide anda jadi tidak maksimal dikelola buat apa ? akhirnya anda tidak lulus... dan ini yang sering terjadi ... sedikit melakuakn diluar kemampuan kita sedikti etrlalu memaksakan walaupun kita benar-benar tidak mampu. Mereka yang berhasil senantiasa tahu kemampuan dirinya sejauhmana .... selesaikan soal dengan maksimal sesuai kekuatan dan apa yang anda miliki.


Nah, Artikel ini kami tutup dengan beberapa video turorial menggambar kodok, semoga berguna :



You Might Also Like

0 komentar:

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-



Enter your email address:

Delivered by FeedBurner





Informasi


 photo Miliki paketnya_zpsbwrieqle.jpg
 photo Siap hadapi banner jempol paling atas kiri_zpsjrtobcvd.jpg
 photo persipakan dirimu sahabat_zps1ku5xlxo.jpg

 photo kriteria jawaban gambar_zpsa8pjivzt.jpg
 photo Jaminan 100 persen siap sbmptn dan snmptn fsrd itb2015_zpskpt9da3g.jpg
 photo tanpa jago gambar_zpsmg45fruq.jpg

Siswa Online

Follow by Email

Master Seni Fans Page on Facebook

Master Seni Tim

Master Seni Tim
www.master-seni.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google Plus