Malu Bertanya, Takut Saingan, dan Tidak Percaya Diri


Masih ingat ada ungkapan malu bertanya sesat di jalan ? tentu anda semua tahu maksud ungkapan itu tapi mungkin juga hanya sekedar tahu dan mudah saja untuk mengucapkan dan mengingat kalimat tersebut. Pada kenyatannya semua pertanyaan dan rasa penasaran dalam diri anda dijawab sendiri dan mengira-ngira saja padahal sudah jelas di depan mata anda ada seorang penunjuk jalan, tapi anda sia-siakan. mudeng ga yak ? :)

Maksudnya adalah bagi anda para murid online kami atau para member yang sudah memesan paket kami masih banyak waktu bagi anda untuk bertanya menjelang ujian. Masih ingat saat itu salah satu murid online kami Ben Valdi Pratama dia rajin membaca artikel di blog ini hingga tidak bersisa kemudian ia aktif bertanya dan aktif bertanya via email dan sms hingga semua unek-uneknya terjawab.

Bagaimanapun kami juga bukan dewa atau peramal yang bisa mengetahui segalanya dan membuat anda lulus 100%. Kami hanya membantu memberikan petunjuk arah belok kiri, belok kanan agar anda tepat sampai tujuan. Hingga perjalanan anda lebih efektif dan efisien bahkan terasa nyaman dan tenang, yang membuat anda tetap gelisah adalah karena masih adanya keraguan atau ketidaktahuan yang terpendam tapi anda tidak mau bertanya. Kami ambil contoh sederhana saat anda disuruh membeli sebuah mie instant tentu anda terasa tenang karena anda tahu harus kemana dan lewat mana dan toko mana yang asyik dikunjungi.

Tapi jika anda disuruh membeli perahu boat tentu anda masih bingung harus menghubungi siapa, kemudian tokonya dimana, kemudian membawanya gimana, dan sebagainya. Kesulitan anda sebenarnya terletak bagaimana anda menyikapi masalah tersebut. Anda tahu tentang perahu boat dan sering lihat di televisi dan mungkin pernah mencobanya. Tapi disisi lain sebenarnya seorang paman anda tahu tentang perahu boat dan semua tentangnya tapi anda tidak bertanya kepadanya alasan anda mungkin saja sayang pulsa, males, ngapain nanya pamana alias uncle, ah gampang dan menganggap remeh dan berkata "Masa seeeh .... cari perahu boat saja bingung, banyak kali di pantaiiiii !". Coba saja anda ke pantai apakah ada yang menjual perahu boat ? :) (Ilustrasi di atas hanya contoh saja)


nah, kesimpulannya semakin anda tahu betul apa yang harus anda lakukan saat PMBP terpusat alias USM FSRD ITB nanti dan semakin mengenal medan pertempuran yang akan anda lalui dan bagaimana strategi yang tepat dan jitu menggempur itu semua semakin anda mendekati LULUS.

Apa singkatan dari lulus :

Lihat tujuan

Usaha

Lihat tujuan

Usaha

Sukses

Hidup anda untuk masa depan, belenggu kesalahan masa lalu sering menghantui. Ingat anda akan mendapatkan apa yang anda usahakan bukan ramalan dan sebagainya. Semakin anda terfokus dengan apa yang anda sukai dan cintai semakin anda mendekati apa yang anda cintai. Perlu diingat pada akhirnya anda akan hidup dengan apa yang anda cintai contoh yang paling nyata adalah isteri atau suami anda bukan ? Jadi, hidup ini sebenarnya sedang mendekati apa-apa yang kita sukai dan cintai. Tapi semakin anda malas dan tidak bekerja keras mungkin apa yang anda sukai akan meninggalkan anda dan anda harus tertinggal waktu karena waktu terus berjalan dan dinamis.

Semua pertanyaan anda bisa diajukan via email masterseni@gmail.com atau sms dan kami dengan segenap hati akan menjawab semua pertanyaan anda para murid online kami atau member kami.

Ingat waktu ujian hanya satu hari atau dua hari atau bisa dikatakan hanya setengah hari saja tapi menentukan nasib anda untuk dimasa yang akan datang. Apapun itu sebenarnya itu adalah yang terbaik bagi anda. Mereka yang berhasil memang layak mendapatkan karena mereka sudah berusaha dan mencari keberuntungannya sendiri.

Adapun kegagalan sebenarnya adalah rencana anda untuk gagal yang tidak anda sadari karena menguap bersama rasa tidak percaya diri, kegagalan di masa lalu, sejarah keluarga tidak ada yang kuliah di seni rupa, tidak punya bakat seni, tidak mau bertanya, dan rasa malas luar binasa.

Apakah dnegan bertanya anda akan tersambar petir, patah tulang, paling minimal anda hanya dianggap bo***. Tapi biarlah orang berkata apa yang penitng saya berhasil dan ketika anda berhasil orang yang meremehkan anda akan kagum pada anda.

Tentang saingan, dimanapiun anda berada pasti ada saingan sejak masih di awang-awang sudah dapat saingan. Tips menhadapi saingan adalah dengan melihat tujuan bukan saingan, semakin anda sokus semakin sanggup anda membakar semua yang ada di depan anda seperti kaca pembesar atau suryakanta yang tidak akan bisa membakar jika tidak terfokus.


Jadi, sekali lagi kami ingatkan bagi para member kami atau murid online kami alangkah baiknya jika anda bertanya seputar unek-unek USM FSRD ITB. Berpikir positif dan terus maju.

Anda bisa bertanya via email atau via sms dan semuanya gratis bagi mereka murid online kami yang sudah memesan paket kami.


Akhir kata tetap semangat kurang lebih satu bulan lagi anda akan bertempur persiapkan segalanya dan jangan sampai lengah. Berusahalah ketika yang lain lengah semakin anda lebih mengetahui informasi dan lebih banyak berlatih dibandingkan yang lain semakin anda akan unggul dibandingkan yang lain.



Trims,



Master Seni Tim :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB