Kampus Institut Teknologi Bandung - ITB

10/26/2008 master seni 0 Comments

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Saat ini status ITB adalah BHMN (Badan Hukum Milik Negara).

Kampus utama ITB, di sebelah utara kota Bandung, dan bagian kampus lainnya, memiliki luas area 770.000 m².

Asrama mahasiswa, perumahan dosen, dan kantor pusat administrasi tidak terletak di kampus utama namun masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh. Fasilitas yang tersedia di kampus di antaranya toko buku, kantor pos, kantin, dan klinik.

Selain ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, ITB memiliki sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olah raga, dan sebuah Campus Center. Di dekat kampus juga terdapat Masjid Salman untuk beribadah dan aktivitas keagamaan umat Islam di ITB. Untuk mendukung pelaksanaan aktivitas akademik dan riset, terdapat fasilitas-fasilitas pendukung akademik, dintaranya Perpustakaan Pusat (dengan koleksi sekira 150.000 buku dan 1000 judul jurnal), Sarana Olah Raga Sasana Budaya Ganesha, Pusat Bahasa, Pusat layanan komputer (ComLabs) dan Observatorium Bosscha (salah satu fasilitas dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA), terletak 11 kilometer di sebelah utara Bandung.

Rektor ITB saat ini adalah Prof. Djoko Santoso (hasil pemilihan pada Bulan Desember 2004 - Januari 2005) untuk periode 2005-2010.


Sejarah
Aula Barat ITB, bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda dengan bentuk atapnya yang khas. Oleh arsitek Henri Maclaine Pont
Aula Barat ITB, bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda dengan bentuk atapnya yang khas. Oleh arsitek Henri Maclaine Pont

ITB didirikan pada 1920 dengan nama "Technische Hooge School (THS)" te Bandoeng. ITB juga merupakan tempat di mana presiden Indonesia pertama, Soekarno meraih gelar insinyurnya dalam bidang Teknik Sipil.

Pada masa penjajahan Jepang, THS diubah namanya menjadi "Bandung Kogyo Daigaku (BKD)". Kemudian pada masa kemerdekaan Indonesia, tahun 1945, namanya diubah menjadi "Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung". Pada tahun 1946, STT Bandung dipindahkan ke Yogyakarta dan menjadi cikal bakal lahirnya Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada.

Pada tanggal 21 Juni 1946, NICA mendirikan Universiteit Van Indonesie dengan Faculteit van Technische Wetenschap sebagai pengganti STT Bandung. Dan pada 6 Oktober 1947, Faculteit van Exacte Wetenschap berdiri. Ini kemudian menjadi Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam Universitas Indonesia.

Kemudian pada tanggal 2 Maret 1959, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam secara resmi memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kini, dengan suplai tahunan pelajar-pelajar Indonesia terbaik, ITB merupakan pusat ilmu sains, teknologi, dan seni terbaik di Indonesia.[rujukan?]

ITB juga mendukung para pelajar dan aktivitas sosial mereka dengan mendukung himpunan mahasiswa yang ada di setiap departemen.

Fakultas
Plaza Widya ITB dengan Gunung Tangkuban Perahu di kejauhan, perhatikan bentuk atap khas bangunan di ITB
Plaza Widya ITB dengan Gunung Tangkuban Perahu di kejauhan, perhatikan bentuk atap khas bangunan di ITB
Bangunan perpustakaan pusat ITB
Bangunan perpustakaan pusat ITB

ITB memiliki 12 fakultas atau sekolah, yaitu:

1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
1. Astronomi
2. Kimia
3. Matematika
4. Fisika
2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
1. Biologi
2. Mikrobiologi
3. Sekolah Farmasi (SF)
1. Sains dan Teknologi Farmasi
2. Farmasi Klinik dan Komunitas
4. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
1. Teknik Metalurgi
2. Teknik Pertambangan
3. Teknik Perminyakan
4. Teknik Geofisika
5. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
1. Teknik Geodesi
2. Teknik Geologi
3. Meteorologi
4. Oseanografi
6. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
1. Teknik Kimia
2. Teknik Fisika
3. Teknik Industri
7. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
1. Teknik Mesin
2. Teknik Penerbangan
3. Teknik Material
8. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
1. Teknik Elektro
2. Informatika
9. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
1. Teknik Sipil
2. Teknik Lingkungan
3. Teknik Kelautan
10. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
1. Arsitektur
2. Perencanaan Wilayah dan Kota
11. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
1. Seni Rupa Murni
2. Desain Komunikasi Visual
3. Desain Interior
4. Desain Produk
5. Kriya Seni
12. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
1. Manajemen

Fakultas adalah unit pendidikan di ITB yang memiliki setidak-tidaknya 3 program studi tingkat Sarjana, sementara Sekolah adalah unit pendidikan yang hanya memiliki 1 atau 2 program studi tingkat Sarjana. Namun ada kecenderungan beberapa sekolah untuk mempertahankan nama mereka yang sudah baku seperti STEI yang sudah memiliki 8 program kekhususan di tingkat Sarjana, dan SBM yang memiliki 3 program kekhususan di tingkat Sarjana. Baik Fakultas maupun Sekolah masing-masing dipimpin oleh seorang dekan. Perbedaan Fakultas dengan Sekolah di ITB hanyalah sekedar terminologi belaka.

Reputasi

ITB adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Dalam sebuah survey internasional yang dirilis oleh Times Higher Education Supplement-Quacquarelli Symonds (THES-QS) pada tanggal 5 Oktober 2006, ITB berada pada peringkat 258. Universitas Indonesia pada survey tersebut berada pada tingkat yang lebih tinggi di posisi 250, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Diponegoro berturut-turut pada posisi 270 dan 495 Universitas-universitas negara tetangga lainnya pada survey yang sama adalah diantaranya National University of Singapore pada posisi ke-19 dan Universiti Kebangsaan Malaysia pada posisi ke-128.

You Might Also Like

0 komentar:

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-



Enter your email address:

Delivered by FeedBurner





Siswa Online

pesan dan kesan siswa online






Berikut Foto Pesan dan Kesan Siswa/i Online yang Lulus ke FSRD ITB dan namanya ingin dicantumkan di web kamiPhotobucket"Informasi selengkapnya dapat dilihat di web kami siswa-siswi,master-seni.com


ben valdi (FSRD ITB2009)Photobucket"Menarik, n gambar suasananya sangat mbantu, Mnambah wawasan ttg gmbrsuasana di usm itb, tpi gmbar psikotes 2dseharusnya diganti dgngmbr esay. Hehe"


tp psikotesny emang rada jenuhin n PEGELLL...makany jgn tdr malem2 apalagi pagi2 sbelom usm, biar ga ngantuk.. hehe

trus klo cara plajarin paket master seni jgn kbanyakan liat gambarny doank, tp mnurut gw malah lbh penting penjelasannya.. itu bguna loh..


Terakir, selamat bjuang d bwt yg mao ikut usm taon dpn, sukses, n ampe ktemu di FSRD ITB yak!




Gilang Danahiswara (FSRD ITB 2009)Photobucket

Isni Sarah S.(FSRD ITB 2010)Photobuckethmmm, dibaca yang bener paketnya... apalagi buat gambar 2... waktu tes jangan lihat gambar orang, jangan mikir lama, jangan takut salah. APAPUN YANG TERJADI PD AJA. walaupun gambar 1 nya ngaco dan salah baca, foto di riwayat hidup lupa ditempel, corat-coret logo itb di soal, dan dipanggil pengawas gara2 tanda tangan ga jelas, akhirnya gara2 pengetahuan 'extraordinary' tentang gambar 2 yang diberikan master saya bisa diterima, thank you master :) oh iya, rajin-rajin baca komik doraemon :p


Irene Angelina C. (FSRD ITB 2010)Photobucketsya yg berterima kasih sm master, jujur aja kalo ga belajar dr paket master seni team saya sama sekali tdak ada gambaran utk USM kemarin..=)

trik: qt harus bikin gambar qt beda dr peserta lain pd umumnya dan kalau menghadapi tipe soal baru (biasanya Psikotest) jangan panik meskipun tipe soal tsb ga dicantumin d paket master seni (kemarin sy dapat soal psikotest 3D). kunciny tetep qt jgn ngambil contoh yg udah ada,tp qt hrus bikin sesuatu yg baru dr imajinasi qt..

tips: kalo dapet soal, soal nya jangan dibaca, tapi digambar...hehehehehehe

segitu aja kali yah..^_____________^



M. Risfan Badrus Salam (FSRD ITB 2010)Photobucket"Alhamdulillah paketnya master merubahku dari -100 jadi +100 :) Jadi tau apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Benar-benar membantu. Kita jadi yakin dan bersemangat




Hajar Asyura (FSRD ITB 2010)Photobucketpaket dari Mas Ter pahami dengan benar. cobalah hal baru karena bisa menambah inspirasi buat gambarmu. terus berpikir hal hal yang kreatif dan nggak biasa setiap saat... latihan, dan jangan lupa berdoa....!!!




Adryana Putri (FSRD ITB 2010)PhotobucketBuat temen-temen yang pake Paket Master Seni, rajin berlatih ya, percuma kalo ga latihan. Banyak-banyak kumpulin soal dari Master terus digambar. Sering-sering update juga ke www.master-seni.com. Jadi ga cuma soal gambar aja yang bisa kamu dapet, tapi juga gambar 2 dan psikotes plus tips and trick juga.
Terus waktu tes jangan grogi, kalau udah sering latihan pasti bisa hehe. :D


Deni Wirawardhana (FSRD ITB 2010)Photobucketoh iya iya... ;) tips & trik nya : baca paket dari master berulang-ulang, soalnya setiap kata-katanya penting banget!! ketika ujiannya, semua bagian yang diujikan harus dikerjakan secara maksimal... sepertinya psikotesnya berpengaruh besar, soalny waktu saya ujian cuma psikotes yang paling bisa...


Prizqy Nada Qinthara (FSRD ITB 2010)Photobucket




Muhammad Ghiantara (FSRD ITB 2011)Photobucket"tips n trik nya sama kaya yg master ajarkan , cuman nambahin dikit, waktu itu gia sisakan waktu 10 menit untuk meng arsir di bagian gambar yg kosong jadi gambar trlihat penuh. Cara ini gia baca di salah satu buku arsitek :):)"



Anthoni Reza (FSRD ITB 2011)Photobucket
-selalu bawa kamera atau setidaknya kamera handphone buat mengamati objek-objek di lingkungan sekitar
-gunakan waktu luang untuk latihan menggambar/belajar snmptn, kalau lagi dalam kondisi malas gambar suasana, gambar saja dulu yang ringan2 dari objek yang difoto lewat hp atau cari referensi lewat internet
-coba dengerin lagu untuk motivasi buat penambah semangat dan penghilang stress (in my case : Fantasia - I believe, hehe )
-jangan pernah putus asa/sakit hati kalau hasil penilaian gambar kalian dibilang kurang maksimal, truslah latihan dan yakinlah :):)
-banyak-banyak latihan,berdoa dan konsultasi ke master seni tim Oh iya satu lagi dan yang paling penting

menjelang ujian keterampilan disekitar tempat ujian, bawa saja paket masterseni sebagai bacaan ringan :):)


Robithoh Akbar Irzain (FSRD ITB 2011)Photobucket
:-D:-D halo juga master....tips nya belajar di master-seni.com master.... :-D:-D dan banyak latihan gambar 1,,


Debby Rahmalia (FSRD ITB 2012)Photobucket
"hmm pesan ya master, pertama mesti baca pelan paket dari master, pahami, dan latihan terus, gapapa kalo nilainya naik turun pengalaman ! hehe... terus, materi ujian tulisnya yg dasar sama ips juga musti dipelajari, biar nambah nilai, pas ujian, jangan ngeliat kanan kiri, mending kalo gambarnya ga bagus, kalo bagus ide gamabrnya, kitanya drop didetik detik terakhir gapapa, jangan panik, walaupun gara gara pensil patah arsiran dikit lagi ga siap, gapapa, yg dipentingin kualitas bukan kuantitas kaya yg dibilangin master. kalo bisa sebelum tes teriak sama loncat loncat dulu biar tenang hahaha


Rifky Renardi (FSRD ITB 2012)Photobucket


Frastika G (FSRD ITB 2012)Photobucket
"makasii banyak master!! rumus jitunya bener2 oke banget deeh! buat 2013 harus beli paketnya nih! dan kalau udah beli JANGAN SAMPE GA DIPELAJARI, GA IKUT TRY OUT DAN GA KONSUL! RUGI! semangaaaaat yaaa! [:)] usaha + doa + restu orang tua = lulus! (aamiin)"


Gilang Ayyoubi Hartanto (FSRD ITB 2012)Photobucket
"terimakasih master, hehe. pelajaran yg udah dikasih master berguna bgt, dan yang penting percaya diri, yakin kemampuan kita nggak kalah sama orang lain. pokoknya intinya percaya diri deh hehe"


Salma Tsaniya (FSRD ITB 2013)Photobucket
"terimakasih master isi paketnya sangat membantu xD karya-karya yg ada di dalam paket idenya kreatif itu membuat saya jadi terinspirasi :D oh ya kalau jangan lupa jg perhatikan poin poin penting yg ada di paket! menggambar dengany poin poin yg diberikan di paket dan terus konsultasi insyaAllah masuk FSRD :D terimakasih master :) "


Ghulbuddin Said Yunus (FSRD ITB 2013)Photobucket
"pesan sya untuk yang calon2 FSRD tahun2 brikutnya cuma "always keep spirit" jauh2 hari....pokoknya slalu berpikir kreatif dan beda dari yang lain :) ,..dan pas ujian kterampilan di bawa enjoy aja,., dan jangan lupa berdoanya yang kuuaaat., :) .,suksees^_^ "


Shifa Annisa (FSRD ITB 2013)Photobucket
"Makasiii beribu-ribu makasi masteeer~ ^^ Tips-tips nya bermanfaat bangeet.. Buat yg angkatan 2014 nanti ni, pokoknya latihan dan pelajari terus paketnya master~
Ntar pas hari H nya gak usah grogi dan bawa enjoy ajaa.. Terus jangan lupa berdoa, jangan takabur jugaa~ PD ajaa, kalian pasti bisaa ^^"



Surya Harta Adi (FSRD ITB 2014 )Photobucket"Kesan dan Pesan: Pertama kali tau Master Seni pas searching2 di internet gara2 galau gatau tipe soal fsrd itb kayak apa, akhirnya ketemu deh sama master!! Langsung aja pesen dan ternyata isinya emang bermanfaat banget temen-temen! Kita jadi tau tipe-tipe soal yang biasanya dikeluarin sama ITB, dan jadi tau juga trik jawab soal yang tepat, dan singkat waktunya pula . Cara-cara untuk mancing kreatifitas kita dalam menjawab soal, dan teknik gambar juga diajarin kok! Tenang aja, yang penting kita banyak berlatih dan sering konsultasi juga sama Master. Sukses ya buat adik-adik yang mau masuk FSRD ITB!! Beli paket dari master seni emang suatu kewajiban banget deh!! Isi berkualitas dengan harga yang yahud kalo dibanding bimbel-bimbel yang lain! Thanks Master Seni! (Siswa online Surya Harta Adi - Mahasiswa FSRD ITB 2014)"

Almira yasmine (FSRD ITB 2014 )Photobucket"belajar seni di master seni mantap banget :D semua yang diajarkan pokoknya bermanfaat, pokoknya pas banget buat yang minat seni maupun desain..
terimakasih untuk ilmunya, sukses selalu buat master seni" :D (Almira Yasmine)"


Annisa Notonagoro (FSRD ITB 2014 )Photobucket"kesan:enak bgt ngajarnya, balesnya nya juga cepet. Kalo konsultasi kesannya ga menggurui. Terus penjelasannya juga jelas bgt gilaaa hahaha.
pesan:pokok nya harus bgt beli master seni, kalo mau masuk fsrd itb tapi males les gambar ehehe"


Raja Leonard Sihombing (FSRD ITB 2015 )Photobucket"kesan:"Adaa kak..Semuanya yg disediakan di paket Master Seni benar2 worth it !!Pelajari tekun, latihan selalu.. Dan yang paling utama.. Berdoa selalu.. setiap saat.^^sekali lagi..Terima kasih Master Seni^^"

Muhammad Daud (FSRD ITB 2015 )Photobucket



Trisha Nadira (FSRD ITB 2015 )Photobucket"kesan:"Paketnya lengkap, pengajarnya oke dan bakal dapet tips & trik yg sangat berguna untuk bisa masuk fsrd. Apapun kelemahan yg dimiliki, di Master Seni kemampuan akan terus diasah hingga bisa memenuhi kriteria fsrd."


Keila Ayu Anandasita (FSRD ITB 2016 )Photobucket


Ghina Ramadhani (FSRD ITB 2016 )Photobucket"kesan:
Alhamdulillah belajar privat di Master Seni sangat membantu meskipun capek, yakin saja kerja keras gak akan menghianati. Work Hard Stay Humble, Kawan ! Bismillah !"




Follow by Email

Master Seni Fans Page on Facebook

Master Seni Tim

Master Seni Tim
www.master-seni.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google Plus

Tips dan Foto Siswa/i Online yang Lulus SNMPTN dan SBMPTN FSRD ITB














FSRD ITB 2012
Klik Logo master Seni untuk Melihat Siswa/i selengkapnya !