Gambar Suasana atau Soal Cerita


Format soal Cerita akan diberikan dalam bentuk kalimat yang tersusun menjadi paragraf dimana anda harus mewujudkannya ke dalam bentuk visualisasi gambar dua dimensi.
Di dalam soal cerita kamu harus mempunyai gagasan sebagai penjawab soal cerita yang diberikan yang diperankan oleh para figur dalam gambar anda (tokoh utama,peran pembantu, dan peran pendukung).
Sesuai dengan namanya gambar suasana atau soal cerita kamu harus merealisasikan sutau konsep kenyataan dalam kehidupan sehari-hari artinya segala tokoh, tempat, pakaian, kendaraan dan bangunannya merupakan kenyataan yang dijepret dari kehidupan sehari-hari dan ide cerita inilah yang akan membedakan satu perserta dengan peserta yang lain dan yang paling unik, menarik, paling heboh, dan wah ! mereka yang akan lulus.
Cobalah mulai sekarang anda mulai untuk memperhatikan unsur-unsur segala hal secara rinci dan detail mulai dari lingkungan rumah anda, pasar, sekolah, mall, jalan raya, stadion bulu tangkis, stadion sepak bola, gedung MPR dan sebagainya.
Contoh di lingkungan pasar anda dapat meperhatikan bagaimana penampilan para penjualnya dari ekspresi wajah, accecories yang mereka pakai, dan pakaian yang mereka pakai atau motif pakaian dan celana yang mereka pakai. kemudian kamu dapat memperhatikan jenis pembeli nya bagaimana penampilan mereka dan semua accecories dan persediaan nya.
Kemudian kamu mendapat memperhatikan fasilitas yang mereka gunakan, memperhatikan tempat yang dipakai si penjual apa saja yang mereka gunakan biasanya ada yang bertempat tinggal di ruko (rumah took), memakai tenda sederhana, atau gerobak, atau hanya memakai kain terpal sederhana sebagai alas barang dagangannya, kemudian perhatikan juga bangunan motif dan karakteristik obyek rumah toko nya seperti nya apa dan motif nya seperti apa semakin banyak referensi anda pada suatu motif dari benda-benda akan menguntungkan anda saat menggambar dan menambah nilai kreativitas anda dibandingkan gambar anda terisi arsir saja maka nilai kreativitas NOL !
Pedagang yang memakai tenda bagaimana motif nya, kamu harus memperhatikan semua secara keseluruhan dan secara detil.

“INGAT GAMBAR SOAL CERITA HARUS CEREWET !”

Kemudian kamu perhatikan segala hal dibawa dipakai seperti [ara pedagang umumnya menggunakan pisau, golok, plastik, topi petani, bakul, sepeda, perhatikan dimana mereka menyimpannya dan perhatikan cara mereka menggunakannya!
Emm… sedikit saran saat anda di pasar nanti boleh saja memperhatikan asal jangan terlalu berlebihan, nanti anda bisa dikira orang yang …. Maaf stress he … he …
Bagaimana lingkungan di pasar mulai dari tanah dan jalanannya yang becek… terlihat beberapa genangan air yang menutupi dan ini juga dapat menambah nilai kreativitas mu sebagai indikator penunjuk waktu hubungan sebab-akibat yang menandakan tanahdan jalanan becek sebab hujan baru selesai.
Perhatikan anatomi pohon, tempat sampah, gedung-gedung, tiang listrik,dan para binatang sebagai penghuni di pasar kamu dapat tambahkan juga pada gambar mu.
Jadi…, Mulai sekarang anda perhatikan lingkungan di sekitar anda secara detil!
Tetap Semangat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sahabat merasa masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel di atas silahkan beri komentar.



Trims.-Master Seni Tim-

foto kampus

foto kampus

peta

peta
Peta ITB